Sekolah Tinggi Teknologi STIKMA Internasional, awalnya (tahun 1995) merupakan lembaga pendidikan luar sekolah, bernama PIKMA (Pendidikan Ilmu Komputer Malang), yang menyelenggarakan pendidikan singkat tentang informatika, animasi, dan komunikasi.

Di bawah Yayasan Media Abyan Lintas Buana, PIKMA dipersiapkan untuk diajukan menjadi pendidikan tinggi. Setelah melengkapi semua persyaratan yang ditentukan dan perubahan nama menjadi Sekolah Tinggi Teknologi STIKMA Internasional, status terdaftar diperoleh dengan SK Mendikbud RI nomor 03/D/O/1999 tanggal 8 Januari 1999, untuk dua program studi jenjang sarjana (S1), yaitu Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Teknik Arsitektur.

STIKMA telah mengalami beberapa kali perpindahan lokasi. Ketika pertama kali berdiri, menempati sebuah gedung di Jalan Panjaitan, lalu berpindah ke kampus Karanglo, dan sekarang STIKMA menempati kampus di Jalan Simpang Sulfat Utara No. 20 Pandanwangi – Malang. Untuk mengetahui lokasi kami, klik disini.

Kampus STT STIKMA sekarang
Kampus STT STIKMA sekarang

Dalam perkembangannya, kini STIKMA telah memiliki 5 buah jurusan sebagai berikut.

  1. S1 Teknik Informatika
  2. S1 Arsitektur
  3. D3 Komputer Multimedia

Pada tahun 2013, YMALB selaku badan penyelenggara STIKMA mengalami perubahan struktur dan pengurus. Kini STIKMA berada dibawah pengelolaan Ormas Hidayatullah. Ormas Hidayatullah adalah sebuah ormas keislaman yang memiliki jaringan di seluruh Indonesia. Pengelolaan STIKMA sendiri berada dibawah PW Hidayatullah Jawa Timur.

Dengan peralihan pengelolaan STIKMA, insya Allah siap menjadikan STIKMA menjadi kampus teknologi yang islami di skala internasional.

14 Thoughts to “Sejarah STIKMA”

  1. andique31@gmail.com'andiq

    Hallo admin………setelah mencari cari akhirnya ketemu di dunia maya jg.kalao memang benar ini stikma yg pernah saya ikuti berarti jodoh..hhhhh.gini admin, saya lulusan D1 design grafis angkatan 1997…tp gak tau masih ada g jurusan itu sekarang.Saat ini saya mw legalisir transkrip nilai…hari apakah aktifnya?

    1. Assalammualaikum mas Andiq. Iya mas, ini STIKMA, kampus yang dahulu pernah membuka D1 design grafis (sekarang jadi D3 Komputer Multimedia). Kalau mau legalisir, silahkan mas, aktif setiap hari senin-sabtu jam kerja. Khusus selama Ramadhan hanya sampai pukul 14.00 saja, sabtu hanya sampai pukul 12.00.
      kami tunggu 🙂

  2. andique31@gmail.com'andiq

    Hari sabtu besok kantor libur gak pak?

    1. mas andiq, untuk registrasi mahasiswa baru, stikma masih buka hingga hari kamis.
      untuk administrasi/akademik, stikma libur hingga 6 agustus.

  3. elwidya16@gmail.com'Ervin

    Assalamualaikum, mau tanya nihh
    Saya lulusan tahun 2013
    Ijazah saya rusak cara ngurusin gmna yaa…?

    1. Assalmualaikum wr.wb

      Untuk mengenai hal tersebut silahkan datang langsung ke kampus menemui bagian akademik.

      Terima kasih.,

  4. paudalhaq@yahoo.co.id'nur

    lokasinya disulfat ya sekarang ?

    1. Assalamualaikum wr.wb

      Betul Sekali..

  5. adi.pramono@yahoo.co.id'Adi Pramono

    Hallo STIKMA,

    Gimana kabar STIKMA sekarang ?, mudah2an selalu sukses, dan maju terus … .
    Saya Adi Pramono, mengajar mulai dari PIKMA sampai ke STIKMA, titip salam untuk Pak Didin, dan semua pengajar di STIKMA terutama mengajar mulai dari berdirinya STIKMA.
    Terima kasih,

    Salam,
    Adi Pramono

  6. wasanlabiqah@gmail.com'Wasan

    Boleh tanya? Kenapa STIKMA dihibahkan ke Hidayatullah?

  7. wasanlabiqah@gmail.com'Wasan

    Boleh tau gk kenapa STIKMA di hibahkan ke Hidayatullah?

  8. m4x.cavalera@gmail.com'Ardian Setiawan

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Salam hangat dari alumni D3 1999. Saya mau tanya bagaimana prosedur utk mengurus transkrip yg hilang? Terimakasih atas jawabannya.

    1. Walaikumsalam.wr.wb

      Bisa menghubungi langsung ke nomor berikut : Whatsapp : 082142090567

Leave a Comment