Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan asesmen lapangan (AL) secara daring terhadap STT STIKMA Internasional Malang pada tanggal 18 & 19 Agustus 2020. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19 maka asesmen lapangan kali ini dilakukan secara daring. Asesmen yang dilaksanakan untuk akreditasi perguruan tinggi STT STIKMA Internasional.

Kegiatan asesmen secara daring ini mengacu pada Pedoman Asesmen Lapangan sesuai instrumen yang menggunakan instrumen akreditasi 9 kriteria. Yang membedakan adalah pada model asesmennya, seperti proses wawancara, konfirmasi data dan informasi yang dilakukan melalui video conference menggunakan aplikasi zoom.

Kegiatan AL ini dipandu oleh Tim Assesor BAN PT yaitu Prof. Dr. Budi Mutiyasa dari Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Prof. Dr. Ing. Ir. Gagoek Hardiman dari Universitas Diponegoro Semarang.

Pada hari pertama asesmen lapangan dilakukan untuk mengkonfirmasi data Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT) terhadap Pimpinan Perguruan Tinggi, Senat Perguruan Tinggi, middle manajemen, dan tim Akreditasi. Selain itu konfirmasi juga dilakukan kepada alumni dan Pengguna (masyarakat/orang tua dan industri) untuk mengetahui keterlibatan dan harapan mereka kepada STT STIKMA Internasional.

Pada hari kedua asesmen dilakukan terhadap Dosen Tetap Yayasan, Mahasiswa, dan Tenaga Kependidikan. Alhamdulillah selama pelaksanaan asesmen selama 2 hari ini berjalan dengan lancar tanpa mengalami kendala teknis yang berarti. Banyak masukkan yang telah diberikan oleh kedua asesor untuk pengembangan STT STIKMA Internasional ke depan khususnya terkait pengelolaan perguruan Tinggi, dengan adanya asesmen ini semoga STT STIKMA Internasional menjadi lebih baik dan mampu untuk berkompetisi dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Leave a Comment