Sejarah STT STIKMA Internasional Malang

Sekolah Tinggi Teknologi STIKMA Internasional, awalnya (tahun 1995) merupakan lembaga pendidikan luar sekolah, bernama PIKMA (Pendidikan Ilmu Komputer Malang), yang menyelenggarakan pendidikan singkat tentang informatika, animasi, dan komunikasi.

Di bawah Yayasan Media Abyan Lintas Buana, PIKMA dipersiapkan untuk diajukan menjadi pendidikan tinggi. Setelah melengkapi semua persyaratan yang ditentukan dan perubahan nama menjadi Sekolah Tinggi Teknologi STIKMA Internasional, status terdaftar diperoleh dengan SK Mendikbud RI nomor 03/D/O/1999 tanggal 8 Januari 1999, untuk dua program studi jenjang sarjana (S1), yaitu Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Teknik Arsitektur.

STIKMA telah mengalami beberapa kali perpindahan lokasi. Ketika pertama kali berdiri, menempati sebuah gedung di Jalan Panjaitan, lalu berpindah ke kampus Karanglo, dan sekarang STIKMA menempati kampus di Jalan Panji Suroso 91 A Malang. Untuk mengetahui lokasi kami, klik disini.

Kampus STT STIKMA sekarang

Kampus STT STIKMA sekarang

Dalam perkembangannya, kini STIKMA telah memiliki 5 buah jurusan sebagai berikut.

  1. S1 Teknik Informatika
  2. S1 Arsitektur
  3. D3 Manajemen Informatika
  4. D3 Multimedia
  5. D3 Komputerisasi Akuntansi

Pada tahun 2013, YMALB selaku badan penyelenggara STIKMA mengalami perubahan struktur dan pengurus. Kini STIKMA berada dibawah pengelolaan Ormas Hidayatullah. Ormas Hidayatullah adalah sebuah ormas keislaman yang memiliki jaringan di seluruh Indonesia. Pengelolaan STIKMA sendiri berada dibawah PW Hidayatullah Jawa Timur.

Dengan peralihan pengelolaan STIKMA, insya Allah siap menjadikan STIKMA menjadi kampus teknologi yang islami di skala internasional.