LKMM

LATIHAN KETRAMPILAN MANAJEMEN MAHASISWA TINGKAT DASAR

Pendidikan Nasional harus mampu menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta tanah air, mempertebal semangat kebangsaan dan rasa setia kawan sosial. Sejalan dengan itu dikembangkan iklim belajar dan mengajar yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri serta sikap dan perilaku inovatif, kreatif. Dengan demikian pendidikan nasional akan mampu menghasilkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsanya.

Perguruan tinggi terus dikembangkan dan diarahkan untuk mendidik mahasiswa agar mampu meningkatkan daya penalaran, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, berjiwa penuh pengabdian serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap masa depan negara dan bangsanya.

Untuk mewujudkan itu semua Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah menggariskan bahwa pemberdayaan kemahasiswaan adalah suatu usaha pendidikan yang dilakukan dengan penuh kesadaran, berencana, teratur, terarah, dan bertanggung jawab untuk mengembangkan sikap, kepribadian, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mendukung kegiatan kurikuler untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Dalam rangka mewujudkan prinsip-prinsip tersebut di atas dirasakan masih perlu memberikan pembekalan kepada para mahasiswa tentang keterampilan di bidang kepemimpinan dan menajemen kemahasiswaan dengan harapan agar mahasiswa tidak hanya menjadi pemimpin yang berwibawa, tetapi juga mempunyai iman dan taqwa serta memiliki kompetensi di bidang komputer, informatika dan multimedia, berjiwa mandiri, berdedikasi terhadap almamater, nusa dan bangsa serta memiliki excellent character sesuai dengan tuntutan masyarakat di masa mendatang. Usaha ini diwujudkan dalam format ekstrakurikuler yang diberi nama Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM).

Melalui LKMM diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan organisasi, dan melatih dirinya dalam kegiatan manajemen organisasi yang terarah dalam rangka memantapkan sikap dan mengembangkan wawasan serta kemampuan kepemimpinannya untuk dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai generasi kader bangsa. Untuk keperluan pelaksanaan LKMM agar berjalan terarah, tertib dan sukses dipandang perlu untuk disusun Petunjuk Pelaksanaan LKMM STT STIKMA Internasional.

Tujuan LKMM Tingkat DASAR

Tujuan LKMM Tingkat Dasar adalah membekali mahasiswa denganĀ  wawasan, organisasi, sikap keterampilan untuk mengkoordinasi dan membina team kerja dalam suatu kelembagaan. Sesuai dengan tujusan tersebut, maka mahasiswa yang telah menyelesaikan LKMM Tingkat Dasar diharapkan:

  1. Memiliki wawasan tentang kondisi lingkungan kampus STT STIKMA Internasional.
  2. Mampu berdiskusi/bertukar pikiran dengan sikap ilmiah.
  3. Mampu menganalisa kekuatan dan kelemahan pada diri masing-masing, serta mampu mengantisipasi berbagai hambatan maupun peluang yang ada dalam usaha merealisasikan program kerja yang telah disusun.
  4. Mampu merumuskan persoalan-persoalan yang dihadapi pada diri sendiri dan mampu mentransformasikan masalah yang dihadapi menjadi target yang harus dicapai dalam rangka pemecahan masalah itu.
  5. Mampu “mengamankan” keputusan yang telah diambil atau dengan kata lain mampu mengkoordinasi kerja kelompok untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.
  6. Mampu merealisasikan pengembangan diri di bidang penelitian mahasiswa.

Berdasarkan tujuan tersebut maka STT STIKMA Internasional Malang telah melaksanakan LKMM-TD selama empat minggu dengan materi dan jadwal sebagai berikut: Sabtu, 16 September 2017 : (1) Potensi diri, (2) Kiat sukses belajar di perguruan tinggi; Sabtu, 23 September 2017 : (1) Manajemen diri dan waktu, (2) Manajemen konflik; Sabtu, 7 Oktober 2017 : (1) Soft skill dan interpersonal skill, (2) Organisasi kampus; Sabtu, 14 Oktober 2017 : (1) Sosialisasi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), (2) Menyusun PKM.

Pada acara tersebut dibuka langsung oleh Bapak Nanang Noerpatria, M.Pd., Ketua STT STIKMA Internasional Malang dengan semangat untuk menggelorakan kembali kegiatan di bidang kemahasiswaan. Pada sesi pembukaan tersebut dihadiri pula oleh Kabag. Kemahasiswaan, serta pemateri dalam acara LKMM-TD.

Acara LKMM :

  1. Sesi I
  2. Sesi II
  3. Sesi III
  4. Sesi IV