Kurikulum STT STIKMA Internasional

PENGERTIAN KURIKULUM

Kurikulum STT STIKMA Internasional adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di STT STIKMA Internasional. Sehingga kurikulum dapat dipakai sebagai acuan untuk menentukan kualitas pendidikan yang harus dimiliki oleh peserta didik melalui suatu pengalaman belajar di STT STIKMA Internasional. perpustakaan kampus

Struktur kurikulum STT STIKMA Internasional didasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurukulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.

PRINSIP-PRINSIP KURIKULUM

  1. Kurikulum STT STIKMA Internasional berpedoman pada prinsip-prinsip dasar berikut :
  2. Berorientasi pada tujuan pendidikan nasional.
  3. Terdapat keseimbangan antara teori dan praktik.
  4. Berwawasan budi pekerti dan kewirausahaan yang tercermin dalam setiap mata kuliah.
  5. Keragaman (diversifikasi) program studi disusun dengan memperhatikan kebutuhan.

ORGANISASI KURIKULUM

Pada dasarnya, kurikulum Tahun 2005/2006, baik untuk Program Sarjana, Program Diploma, maupun Program Profesional terdiri atas 5 (lima) kelompok, yaitu : Kelompok Mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Kelompok Mata kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK), Kelompok Mata kuliah Keahlian Berkarya (MKB), Kelompok Mata kuliah Perilaku Berkarya (MPK), dan Kelompok Mata kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).

Mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Kelompok bahan kajian dan pelajaran untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, berkepribadian mantap, dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Mata kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan ketrampilan tertentu.

Mata kuliah Keahlian Berkarya (MKB) Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli dengan kekaryaan berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai.

Mata kuliah Perilaku Berkarya (MPB) Kelompok bahan kajian dan pelajaran yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku yang diperlukan seseorang dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan dasar ilmu dan ketrampilan yang dikuasai.