Antusiame Guru, Dosen dan Mahasiswa dalam “Workshop Menulis”

Worshop menulis yang di gelar STT STIKMA Internasional dengan tema “Writing skills for Personal and Personal and Professional Growth” mendapat sambutan yang cukup hangat dari guru-guru SMA dan SMK Kota Malang serta mahasiswa dan dosen STIKMA dan juga kampus lain.

Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 08 Desember 2018 di ruang aula STT STIKMA Internasional menghadirkan bapak Wijiono, SE,Ak penulis buku “Neraca Amal” pada sesi pertama. Dalam kesempatan itu penulis memberikan tips dan trik serta kiat-kiat dalam menulis, serta menceritakan bagaimana perjalanan penulis sampai bisa menghasilkan karya-karyanya.
Peserta sangat antusias dalam menyimak, terbukti banyak pertanyaan yang diajukan pada tanya jawab sesi pertama.

Setelah jeda ishoma acara dilanjutkan sesi kedua menghadirkan Direktur Radar Malang Bpk. Kurniawan Muhammad. Pada sesi ini beliau mengupas habis bagaimana menulis karya ilmiah popular di media massa. Untuk menggugah para peserta dipaparkan alasan- alasan kenapa perlu untuk menulis di media massa. Ditambah dengan hal-hal yang harus dilakukan untuk memancing ide dalam menulis seperti membaca, berinteraksi,
berdebat atau berdiskusi dll.

Tak kalah penting dari teknik menangkap ide, dipaparkan juga Kaidah Jurnalistik untuk menulis di media massa. Dilengkapi juga dengan contoh-contoh artikel dan tips dan trik agar tulisan yang dibuat layak dimuat. Wajah para peserta semakin berbinar ketika diberikan kesempatan untuk konsultasi langsung baik melalui diskusi maupun lewat email. Sesi tanya jawab pun tidak dilewatkan begitu saja, termasuk curhat dari salah satu peserta yang menyatakan sering mengirim ke media massa tapi tidak pernah termuat.

Di akhir acara pemateri menyampaikan bahwa menulis itu hanya butuh dua hal yaitu kemauan yang keras (paksaan) dan pembiasaan (habit). Selamat berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *